search di blogg ini

Jumat, 03 Desember 2010

input device dan output device

Input Device (Alat Masukan)


Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan  data  atau  perintah  ke  dalam  komputer.  Input  device adalah  alat  yang  digunakan  untuk  menerima  input  dari  luar  sistem, dan  dapat  berupa  signal  input  atau  maintenance  input.  Di  dalam sistem komputer, signal input berupa data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berupa program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Dengan demikian, alat  input  selain  digunakan  untuk  memasukkan  data  juga  untuk memasukkan program.

Beberapa alat input mempunyai fungsi ganda, yaitu disamping sebagai alat  input  juga  berfungsi  sebagai  alat  output  sekaligus.  Alat  yang demikian  disebut  sebagai  terminal.  Terminal  dapat  dihubungkan  ke sistem komputer dengan menggunakan kabel langsung atau lewat alat komunikasi.

Terminal  dapat  digolongkan  menjadi  non  intelligent  terminal,  smart terminal,  dan  intelligent  terminal.  Non  intelligent  terminal  hanya berfungsi sebagai alat  memasukkan  input  dan  penampil output,  dan tidak   bisa              diprogram          karena          tidak          mempunyai          alat       pemroses. Peralatan  seperti  ini  juga  disebut  sebagai  dumb  terminal.  Smart terminal mempunyai alat pemroses dan memori di dalamnya sehingga input  yang  terlanjur  dimasukkan  dapat  dikoreksi  kembali.  Walaupun demikian,  terminal  jenis  ini  tidak  dapat  diprogram  oleh  pemakai, kecuali oleh pabrik pembuatnya. Sedangkan intelligent terminal dapat diprogram oleh pemakai.

Peralatan yang hanya berfungsi sebagai alat input dapat digolongkan menjadi alat input  langsung dan tidak langsung. Alat input langsung
yaitu  input  yang  dimasukkan  langsung  diproses  oleh  alat  pemroses,






sedangkan alat  input tidak langsung melalui media tertentu sebelum

suatu input diproses oleh alat pemroses.


Alat  input  langsung  dapat  berupa  papan  ketik  (keyboard),  pointing device  (misalnya  mouse,  touch  screen,  light  pen,  digitizer  graphics tablet), scanner (misalnya magnetic ink character recognition, optical data         reader                        atau     optical          character         recognition reader),     sensor (misalnya digitizing camera), voice recognizer (misalnya microphone). Sedangkan alat input         tidak            langsung misalnya        keypunch               yang dilakukan melalui media punched card (kartu plong), key-to-tape yang merekam data ke media berbentuk pita (tape) sebelum diproses oleh alat pemroses, dan key-to-disk yang merekam data ke media magnetic disk (misalnya disket atau harddisk) sebelum diproses lebih lanjut.

(1) Keyboard


Merupakan  alat  input  standart    yang  diperlukan  dalam  setiap  PC. Komponen  ini  tidak  mengalami  perkembangan  yang  pesat.  Hanya dalam konektor dalam PC nya  saja yang mengalami perkembangan. Dimulai dengan keyboard XT, keyboard PS2, keyboard USB dan yang
baru berkembang sekarang ini adalah keyboard wireless.

(2) Mouse


Mouse   merupakan   komponen   input   yang   sanagt   diperlukan   jika menggunakan sistem                        operasi   grafis.      Mouse    lebih       banyak eprkembangannya dari pada keyboard.
Muali dari mouse serial, mouse PSx2, mouse scroll, dan saat    mouse

optik.


Output Device (Alat Keluaran)


Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard- copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
Output  yang  dihasilkan  dari  pemroses  dapat  digolongkan  menjadi empat  bentuk,  yaitu  tulisan  (huruf,  angka,  simbol  khusus),  image (dalam bentuk grafik atau gambar), suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca  oleh  mesin  (machine-readable  form).  Tiga  golongan  pertama adalah   output   yang   dapat   digunakan   langsung   oleh   manusia, sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan sebagai input untuk
proses selanjutnya dari komputer. Peralatan output dapat berupa:






   Hard-copy  device,  yaitu  alat  yang  digunakan  untuk  mencetak
tulisan dan image pada media keras seperti kertas atau film. 
   Soft-copy  device,  yaitu  alat  yang  digunakan  untuk  menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik.
Drive device   atau   driver,   yaitu  alat   yang   digunakan   untuk merekam  simbol  dalam  bentuk  yang  hanya  dapat  dibaca  oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau magnetic tape. Alat
ini  berfungsi  ganda,  sebagai  alat  output  dan  juga  sebagai  alat


input. Sekarang media penyimpan yang berkembang adalah disk

drive, hard disk, CD-ROMxCD-RW.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar